Senin, 08 April 2013

Saya benci multi-level marketing / MLM!


Bisnis yang sukses selalu ditandai dengan tingginya angka penjualan. Marketing adalah satu-satunya alasan mengapa sebuah bisnis bisa menghasilkan angka penjualan yang sangat tinggi sementara pesaingnya lebih rendah. Hanya dengan mengenali inti permainan bernama marketing ini kita bisa mendapatkan penjualan yang optimal bagi bisnis kita.

Berikut ini adalah pengrtian dan definisi marketing dari beberapa pakar:

# BAGOZZI (1974; 1975)
Marketing adalah proses yang memungkinkan adanya pertukaran (exchange) antara dua pihak atau lebih)

# YUSWOHADY
Marketing adalah ilmu untuk memenangkan persaingan

# PHILIP KOTLER
Marketing adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh perseorangan atau sebuah kelompok untuk mendapatkan keinginannya dengan menciptakan suatu produk dan menukarnya dengan nilai tertentu dengan pihak lain

# HERMAWAN KERTAJAYA
Inti marketing ada 3 hal, yaitu positioning - differentiation - brand. Marjeketing adalah differentiation yang bisa mendukung positioning sebagai strategi dari brand kita

# JAY ABRAHAM
Marketing dianggap berhasil jika anda sudah terlihat baik di mata pelanggan anda

# LAKSITA UTAMA SUHUD
Marketing adalah segala upaya yang harus anda lakukan untuk membuat bisnis anda selalu terlihat lebih baik di mata pasar dibandingkan bisnis para pesaing anda

Sementara ada banyak sekali jenis marketing itu sendiri diantaranya :
Telemarketing, Internet marketing, Multi Level Marketing, Affiliate Marketing, Traditional Marketing, Transactional Marketing, dan masih banyak lagi, kayanya butuh waktu banyak untuk membahasnya. Kali ini saya akan lebih memfokuskan pembahasan pada jenis marketing yang sistemnya memungkinkan kita tetap mendapatkan hasil dari pembelian produk yang sama, barang ataupun jasa yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah kita referensikan sampai kapan- pun juga.

Tapi sayangnya, sistem seperti ini hanya diterapkan di sistem multi-level / network marketing atau lebih dikenal dengan MLM.
Mungkin, Perasaan Saya Tidak Jauh Berbeda Dengan Anda...
Saya benci multi-level marketing / MLM!
Saya membencinya mungkin lebih dari yang anda benci... dan saya selalu membencinya :-(
Sampai-sampai ketika ada yang telepon menawari multi-level, langsung saya jawab:
“maaf saya Tidak berminat, terima kasih”... kemudian leepppp... LANGSUNG saya tutup.
Kalau ada yang datang ke tempat saya, dan ternyata menawari multi-level... langsung saya tolak mentah-mentah... tidak perduli siapapun yang menawari.
Sampai segitunya kebencian saya terhadap multi-level marketing.
Mungkin sebagian dari anda juga memiliki perasaan yang sama.

Tapi inilah kenyataannya, Ini pendapat para ahli dunia:
  1. Paul Zane Pilzer, penasehat ekonomi II Amerika untuk presiden George W. Bush:
    Salah satu bentuk distribusi baru di masa yang akan datang yang akan menjadi trend dan meledak di seluruh dunia adalah multi-level marketing.
  2. Stephen R. Covey, penulis buku terlaris di dunia 7 Habits of Highly Effective People:
    Multi-level marketing adalah bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang dan membuat setiap orang yang mengerjakannya dapat menjadi berpikir besar menuju impiannya masing-masing secara terarah.
  3. Robert T. Kiyosaki, seorang pengusaha yang amit-amit kayanya dan penulis banyak buku terlaris di dunia Rich Dad Poor DadThe Cashflow QuadrantGuide To InvestingBusiness SchoolRetire Young Retire Rich, dan lain-lain:
              
    Jika anda ingin berpindah ke kuadran kanan (kebebasan finansial), maka tempat yang tepat untuk memasukinya adalah multi-level marketing.
  4. Majalah Warta Bisnis menuliskan:
    Urutan 1-7 pemasar terkaya di Indonesia adalah orang-orang multi-level marketing.
    Profesi termahal tahun 2010 keatas adalah para pelaku distributor MLM dengan rata-rata penghasilan 100-200 juta per bulan.
  5. Forbes.com:
    Kurang lebih 20% orang kaya baru muncul dari dunia multi-level marketing.
  6. Bahkan Donald J. Trump, raja properti dunia merekomendasikan multi-level marketing:
              
... akhirnya saya iseng-iseng browsing dan menemukan perbandingan sebagai berikut :

  • JIKA menjadi seorang yang menjalankan affiliate marketing KITA hanya menerima hasil SEKALI saja dari produk yang dengan susah payah berhasil kita jual.
SEDANGKAN
  • JIKA menjadi seorang yang menjalankan multilevel marketing selain KITA menerima hasil dari produk yang berhasil kita jual, jika orang yang kita referensikan membeli produk juga kita akan mendapatkan hasil lagi, begitu juga jika orang yang kita referensikan dapat mereferensikan orang lain dan kemudian membeli produk lagi kita tetap akan memperoleh hasil lagi.
Walaupun sistem multi-level ini jelas-jelas lebih baik, tapi anehnya banyak orang yang sering mengatakan tidak pada sistem seperti ini.
Termasuk saya. Akhirnya saya mencoba browsing kembali dan akhirnya saya menemukan 3 alasan mengapa banyak orang yang membeci MLM termasuk saya ini, 

     1.  Multi-level marketing identik dengan bisnis cari-cari orang., tapi Bukankah di setiap bisnis, kita harus cari orang juga yang berminat dengan barang dagangan kita... tidak terkecuali bisnis-bisnis online yang sekarang marak di internet.
     2. Banyak yang gagal, pada kenyataannya memang banyak pelaku bisnis multi-level marketing yang gagal... tapi bukankah itu sesuatu yang biasa dalam kehidupan? 

    • Masih ingatkah ketika kita kecil? kita sudah belajar dengan keras tapi masih ada saja nilai ujian kita yang jelek. Tapi apakah pada akhirnya kita tidak lulus sekolah? Tentu TIDAK... akhirnya kita lulus sekolah
    • Masih ingatkah ketika kita remaja? kita melakukan pendekatan ke lawan jenis tapi tidak semua orang mau menerima kita kan? bahkan mungkin ada sebagian orang yang cenderung sering ditolak. Tapi apakah pada akhirnya kita Tidak mendapatkan pasangan? Tentu TIDAK...akhirnya kita bisa mendapatkan pasangan juga kan?
    • Masih ingatkah ketika kita dewasa? kita melamar banyak pekerjaan tetapi banyak juga yang ditolak padahal sudah melamar kesana kemari, tidak semua perusahaan lantas selalu menerima lamaran kita toh? Tapi apakah pada akhirnya kita  Tidak mendapatkan pekerjaan/usaha? Tentu TIDAK... akhirnya kita mendapatkan pekerjaan/usaha.

Gagal hanyalah sebuah proses yang harus kita lalui sebelum kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.
  1. Ikut-ikutan atau latah. Saya sering mendengar, banyak orang yang anti MLM... ternyata tidak pernah menjalankan bisnis MLM yang seharusnya, melainkan  mereka hanya mendengar dari orang lain atau teman mereka. Itulah kenapa ketika ada trend baju, film, musik, hp, dll... banyak orang yang ikut-ikutan atau latah.
hEhhmmm...
Akhirnya saya sadar, alasan  inilah yang membuat saya merasa anti terhadap MLM, begitu berpengaruhnya pandangan orang lain... ketika banyak yang bilang jelek, akhirnya kita bisa terpengaruh juga... meskipun jelas-jelas semua itu salah.

Sobat, semua udah pada ngeh kan kalo zaman sekarang semua serba online, termasuk dalam berbisnis.
Coba kita list lagi, apa sih alasan-alasan orang menjadi amat tertarik pada yang namanya berbisnis atau kerja dari rumah secara online?
1. Waktu yang lebih fleksibel.
2. Tidak tergantung pada orang lain.
3. Bebas macet.
4. Bisa menentukan kapan waktu bekerja Anda dan kapan waktu untuk keluarga.
5. Bisa setting target keuntungan atau bonus yang sesuai modal dan energi-nya saat itu.

Yup. 
Ini adalah alasan-alasan paling umum yang dipunyai kebanyakan orang biasanya.
Satu hal penting dari mengerjakan bisnis secara online adalah:

- Serba cepat
- Serba otomatis
Dua hal yang saling berhubungan.

Dari situlah saya mulai berpikir, jika sistem MLM digabungkan dengan internet marketing sepertinya akan lebih mudah menjalankannya, berikut Tujuh Tips Membangun Bisnis Online ala Dini Shanti dan Nadia Meutia :

TIPS PERTAMA :
PILIH BISNIS YANG SUDAH TERBUKTI TAHAN BANTING & TIDAK MUSIMAN

- Merupakan poin penting pertama karena akan menentukan apakah anda akan melakukan bisnis yang tahan lama atau hanya sementara.
- Oriflame sudah 40 tahun berdiri di dunia dan 24 tahun di Indonesia.
- d'BC Network merupakan jaringan pertama yang betul-betul menggabungkan bisnis online dengan bisnis network marketing dan sukses ;-)

TIPS KEDUA :
PILIH BISNIS YANG PRODUKNYA TERPAKAI OLEH ANDA SENDIRI 

- Bila memang produknya terpakai sendiri (produk harian maupun ilmu online-nya)...tentu modal jadi tidak berasa sebagai modal karena memang sudah ada dalam pos pengeluaran bulanan-nya Anda.
- d'BC Network mempunyai jenis produk yang mencakup poin diatas sekaligus tambahan fasilitas ilmu bisnis online 
yang akan bisa langsung diaplikasikan.

TIPS KETIGA :
PILIH BISNIS YANG JELAS SIAPA PEMILIK ATAU PENDIRINYA

- Anda harus tau dengan siapa anda berbisnis.
- Siapa pemilik/pendiri bisnis online tersebut akan menentukan seberapa besar support yang akan anda dapatkan dalam menjalankan bisnis.


TIPS KEEMPAT :
PILIH BISNIS YANG MENYEDIAKAN TRAINING

- Memulai sebuah bisnis haruslah dengan ilmu. Bandingkanlah kebutuhan penghasilan yang anda targetkan 
dengan waktu, energi, dan modal yang Anda punya. Anda butuh bisnis online yang akan menyediakan training secara lengkap agar Anda bisa lebih cepat fokus pada hal lainnya seperti mengejar bonus dan keuntungan!


TIPS KELIMA :
PILIH BISNIS YANG SERBA OTOMATIS 

- Internet adalah serba cepat bukan instan! Otomatisasi bukan robotisasi ;-)
Banyak hal yang masih butuh sentuhan manusia dalam hal bisnis online, namun bila pekerjaan Anda bisa dipermudah oleh otomatisasi untuk mencapai hasil yang besar dengan waktu yang relatif lebih singkat dan cepat tentu anda tidak akan menolak kan ya ;-)


TIPS KEENAM : 
PILIH BISNIS YANG MODALNYA RELATIF KECIL NAMUN HASILNYA RELATIF BESAR

- Mari berhitung judulnya ...
Bisnis apapun yang akan Anda jalankan, anda harus berani mengkalkulasikan modal uang, tenaga, dan waktu. d'BC Network telah menyediakan contoh hitungan untuk semuanya disertai bukti pencapaian teman-teman yang sudah lebih dulu memulai!


TIPS KETUJUH :
PILIH BISNIS YANG SUDAH DIBUKTIKAN OLEH BANYAK ORANG

- Iya ;-)
Lagi-lagi soal pembuktian. Ini hal yang amat penting untuk menunjukkan bahwa sebuah sistem bisa berjalan secara otomatis dan bisa diduplikasi dengan mudah oleh semua yang mencoba bisnis online ini,
bukan hanya kesuksesan sang pendiri bisnis. Tidak peduli apa latar belakangnya, berapa usianya, ataupn kapan memulainya.

*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*


Jadi, MASIHKAH aNDA MEMBENCI MLM?
yang perlu anda lakukan sekarang adalah memulainya
bersama saya dan d'BC Network ;-)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar