Senin, 08 April 2013

Tips cara mengatasi stretch mark



Stretch marks adalah tanda berupa garis-garis tipis pada kulit dengan panjang dan lebar yang bervariasi.


Warna stretch mark tergantung pada warna alami kulit, bisa berupa garis-garis coklat kemerahan atau coklat gelap yang seiring berjalannya waktu berubah menjadi memutih atau putih keperakan.



Stretch marks terbentuk ketika kulit meregang secara berlebihan dalam periode yang lama, yang mengakibatkan kerusakan kolagen dan elastin di lapisan kulit dermis.

Stretch mark bisa muncul di bagian tubuh manapun, tetapi umumnya muncul di area lemak tersimpan seperti perut, payudara, lengan atas, paha, dan bokong.

Kemunculan stretch mark dipengaruhi kualitas dan kekuatan kulit, yang juga dipengaruhi oleh faktor-faktor kesehatan secara umum, nutrisi, hidrasi, keturunan, kondisi lingkungan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, gaya hidup dan lain-lain.


Siapa saja berpotensi memiliki stretch marks?

Stretch mark bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami peregangan kulit dan atau perubahan hormon pada masa kehamilan, masa puber ataupun saat terjadi perubahan berat badan yang fluktuatif.

Selain itu, sejumlah kondisi medis tertentu seperti depresi, stress, dan kondisi lainnya juga dapat menyebabkan munculnya stretch marks.


Dapatkah stretch mark dihindari?

Stretch mark adalah bagian normal dari pertumbuhan dan penuaan. Pola hidup sehat akan membantu memelihara alastisitas kulit, sehingga mengurangi kemungkinan bertambahnya stretch marks pada tubuh.


Apa perbedaan stretch marks dengan selulit?

Stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit yang terlalu berlebihan dan perubahan hormon,sedangkan selulit disebabkan  oleh penumpukan lemak tepat dibawah permukaan kulit. Dari sisi penampilan, stretch mark biasanya berupa garis-garis sementara selulit adalah tekstur kulit yang menyerupai kulit jeruk.


Apakah stretch mark bisa dihilangkan?

Sebagian kecil berpendapat tidak bisa dihilangkan dan hanya bisa dicegah. Sedangkan sebagian yang lainnya berpendapat bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa cara yang akan kami jelaskan di bawah ini. Saya lebih sependapat dengan  yang menyatakan bahwa stretch mark bisa dihilangkan, alasannya cukup sederhana, semua penyakit dan gangguan kesehatan pasti ada obatnya. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara menghilangkan stretch mark pada tubuh yang bisa anda lakukan.

ü  Latihan peregangan
Ini dilakukan untuk stretch mark yang berada di paha, tujuan dari peregangan ini adalah untuk mengurai konsentrasi  garis lemak hingga bisa disamarkan dan pada saatnya nanti bisa benar-benar hilang. Ingatlah bahwa salah satu penyebab stretch mark adalah adanya peregangan yang mendadak, oleh sebab itu lakukan peregangan ringan pada awalnya lalu naikkan tensinya sedikit demi sedikit.

ü  Pemijatan
Stretch mark adalah salah satu tanda bahwa ada kerusakan yang terjadi pada jaringan kulit, pemijatan dilakukan untuk melancarkan peredaran darah agar suplai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit terpenuhi. Nutrisi dan vitamin ini yang nantinya akan memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

ü  Tingkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh dengan Konsumsi makanan yang baik bagi kulit
Pemijatan tidak mungkin berhasil tanpa menjalankan point ini. Caranya dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang mampu membuat kulit menjadi elastis. Atau, dengan cara alami, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayur, buah dan minum air putihBuah-buahan serta sayuran segar, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian sangat berguna agar kulit mampu meregenerasi jaringannya sendiri.

ü   Pertahankan kulit agar tetap lembab                                                                        
   
Oleskan lotion pada kulit. Atau Anda dapat menggunakan krim anti stretch mark  yang Membantu mengurangi stretch mark yang tampak, ukurannya berkurang dan warnanya memudar. Disini saya menyarankan untuk menggunakan Perfect Body Anti-Stretch Mark Cream dari Oriflame isi 150 ml. Oleskan krim setiap hari ke area tubuh yang mungkin akan terpengaruh (perut, dada, paha, pinggul). Teksturnya cepat menyerap. Cocok digunakan selama kehamilan. Untuk info lebih lanjut mengenai produk silahkan kirim pesan disini






Stretch mark memang dapat mengganggu penampilan. Tetapi, hendaknya ini tidak membuat Anda kehilangan percaya diri. Dengan perawatan dini yang baik, semoga stretch mark yang mengganggu dapat dihindarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar